Ke-asyikan NgeBlog bikin Lupa Daratan


Akhir-akhir ini semangat saya buat blogging udah kaya orang jatuh cinta!! Tiap hari yang dipikirin mau nulis apa, cek DA, cek IG, cek FB, cek Twit dan bolak-balik liat draft entry. Tiap ada waktu luang langsung nongkrong depan PC dan mulai beraksi. Bahkan, minggu ini saya posting artikel sampai 3 kali! kerajinan apa kesetanan ya? hehehe

Jujur, saya tergila-gila sama hobi baru tapi lama saya ini. Sampai-sampai kadang pak suami matanya langsung menyipit gitu kalo liat saya udah nongkrong depan PC. Memang, kerjaan domestik kelar, tapi gak jarang juga saya milih ngurusin blog daripada beresin rumah yang kaya kapal pecah.

Akhirnya, saya mendisplinkan diri. karena, saya ngerasa ini ga bisa kaya gini terus. Jangan sampai hobi saya ini bikin saya lalai sama tugas utama saya sebagai ibu dan istri. 

BIKIN JADWAL KEGIATAN HARIAN

Yes! ini cara paling aman untuk mengatur kegiatan kita sehari-hari. Jadwal dibikin bisa pake excell atau canva. Saya sih pake canva, karena templatenya udah ada trus bisa langsung donlot format png. atau jpg.


Memang, pada kenyataannya kegiatan harian kita gak 100% berjalan sesuai jadwal. Tapi setidaknya kita jadi tau diri untuk kembali kepada jadwal dan ngerjain yang belum dikerjain. Walaupun gak sama persis, setidaknya kita bisa mengerjakan tugas domestik atau yang lainnya sesuai skala prioritas kita.






Biasanya, urusan domestik dan anak+anak beres sampai jam 10 pagi. setelah itu ada waktu sekitar 2 jam sampai waktunya kembali terjun ke dunia per-emak-an jam 1 siang sampai jam 7 malam. waktu dimana saya istirahat, biasanya saya pakai buat follow up aktivitas di WAG, seperti support IG, BW, balas komen juga baca-baca artikel yang berhubungan dengan dunia menulis/blogging.

BIKIN JADWAL RENCANA MENULIS SELAMA 1 MINGGU

Masih menggunakan canva, saya juga buat jadwal aktivitas menulis saya per harinya selama 1 minggu. setiap hari diisi dengan kegiatan menulis yang berbeda. kalau sudah di list begini, semua list kerjaan yang berhubungan dengan blogging bisa selesai. selain rencana ini, saya juga tulis rencana lain di buku agenda saya. 

Jadwal yang saya bikin di agenda antara lain : 
  • jadwal BW lengkap dengan list link blog 
  • Jadwal share postingan di komunitas menulis sesuai aturan komunitas 
  • jadwal share postingan microblog di sosmed (IG, FB, Twitter) 
  • Daftar ide judul dan konten artikel di Blog 

BIKIN TARGET

Tetap menggunakan canva, saya juga buat Target saya dalam menulis. lalu saya print dan tempel di mading. sebagai pengingat dan penyemangat saya buat berkarya.







Manusia memang hanya bisa berencana, tapi Tuhan yang menentukan segalanya. tetapi, Tuhan juga gak mungkin menentukan segalanya tanpa melihat aksi dan tindakan kita. 


yah, setidaknya saya berusaha untuk lebih terorganisir, agar semua kerjaan bisa terselesaikan. asalkan, selama saya gak tergoda untuk marathon nonton drakor. Bisa ambyaarr semua rencana saya, hihihi

14 comments:

  1. Awal ngeblog tahun 2008-an kalo ga salah, saya juga suka lupa waktu kalo
    nongkrong di warnet. Suka lamaa banget diem aja melototin halaman postingan blog, lamanya sih karena susah dapet inspirasi, hehe.
    Emang menulis itu butuh perjuangan banget ya. Tapi menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul. eh terakhir saya BW blog akang beda templatenya sama yang sekarang, yang sekarang desain sendiri ya? keren. perasaan saya udah follow, saya follow lagi tapi jadi blankpage ya?

      Delete
    2. Iya, di rubah sedikit. Selain belajar nulis, saya juga memperdalam kode template blogger nya. Itu juga yang bikin saya ketagihan ngeblog.
      Ada ko, udah follow. Karena udah follow mungkin jadi blank page. Nanti saya follow balik.

      Delete
    3. oh iya ya, makasih ya kang udah polbek. saya juga lagi belajar ttg kode template nih

      Delete
  2. duhhh maasyaaAllah, semoga saya bisa juga nii mulai mendalami ilmu per-blogan ... masih newbie bangettt jadi suka malu kalo tulisannya di baca orang lain xD
    terima kasih inspirasinya! :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat kak. rajin nulis, insyallah lama lama terbiasa

      Delete
  3. sesuatu yang bikin asyik memang bikin jd lupa segalanya

    ReplyDelete
  4. Emang lebih nyaman kalau bikin target gitu. saya juga masih sering bikin target semacam itu. Misal, mau nulis artikel tentang apa, target tahun ini apa, dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul kak, jadi lebih terarah dan terjadwal. samaan ya kita, hehe

      Delete
  5. belakangan ini aku juga lagi panas-panasnya ingin menulis terus, mungkin karena ketemu sama temen-temen baru lewat blog jadi seneng banget dan rasanya ingin aktif terus di sini hihihi. tapi aku nulisnya lewat hp, jadi bisa berhenti dan menulis kapan aja :D

    ngomong-ngomong, gambar kakak lucu sekali! it's my cup of tea :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu salah satunya kak, supporting system yang oke banget adalah yang "menjerumuskan" kita buat terus berkarya, hehehe.

      makasih banyak kakak :)

      Delete
  6. Gejalanya sudah terlihat dik.. hati-hati... Itu tanda-tanda dikau mulai kecanduan blogging/ngeblog.

    Percayalah, tidak beda dengan kecanduan lainnya, rasanya selalu pingin terus melakukan itu.

    Baikkah semua itu? Entahlah adik sendiri yang bisa menentukan arahnya mau dibawa kemana.

    Saya sendiri sekarang sudah masuk tahap parah dalam hal ngebllog, karena bukan semiggu 3 kali, tetapi kadang 3-5 posting dalam sehari.. Entah apa itu yang namanya benar kecanduan, atau mungkin karena sudah dianggap pekerjaan..

    :-D :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, di komen master dan senior ini, alhamdulillah, nuhun sudah mendaratkan komen di sini om. iya betul, candunya lebih lebih dari nonton drakor, hehe.

      kalo om mah kayanya bisa sehari bisa bikin 3-5 postingan karena udah handal ya om ya, hehe. asyik tuh kalo ngeblog bisa jadi pekerjaan, ya hobi ya dapet rupiah juga, hehe

      Delete

Adbox