Kamu Bikin Blog, niatannya buat apa sih?

14 komentar


Jujur, saya ini tipe orang yang doyan curhat.

Waktu SD curhatnya di buku diary yang gambarnya unyu-unyu, kertasnya warna - warni plus wangi. Beranjak remaja pindah tuh, di buku diary yang agak tebelan dikit terus gambar covernya rada gak terlalu rame, kertasnya juga kaya kertas buku, cuman garis - garis doang. Terus waktu SMA, diary nya pindah mulai pake buku diary yang dijual di borma, yang ada kalender dan informasi lainnya.

Nah, waktu kuliah, curhatnya udah mulai masuk dunia digital tapi belum online. curhat di Ms Words terus diprint sendiri dan dikumpulin. Kelar kuliah, masih doyan curhat juga, mulai merambah ke dunia digital online. selain kadang curhat pendek di wall-nya sosmed juga di blog. masuk dunia kerja dan rumah tangga, diary udah mulai ditinggalin dan pindah ke jurnal ala - ala moleskine. bikin sendiri, pake kertas hvs dan di jilid di mang fotocopy. jadi kertasnya polos, bisa nulis sekalian doodling yang juga hobi saya yang lain. dan sekarang, saya beli jurnal ala - ala moleskine di ig nya empa handmade ( beneran iklan gratis ini mah, karena aku suka produknya ) 

Kenapa Sih Doyan Curhat

Awalnya saya doyan curhat karena feel lonely aja. kaya belum nemu sahabat sejati gitu buat tumpah ruah ngomongin semua keluh kesah di jiwa, ciee ...

Tapi kebiasaan ini jadi berlanjut bahkan setelah ketemu sama sahabat yang oke banget dan si sahabat ini jadi pembaca setia semua curhatan saya di diary dan Blog sampai sekarang selama kurang lebih 20 tahun. Dia bacanya juga ampe muntah - muntah, hehehe. tapi dia bilang seneng baca tulisan saya, karena ngalir dan kaya ada di dunia lain buat dia. ah so sweet .... 

Udah ada suami dan sahabat kok masih curhat? apa gak lebay tuh? gak cukup ya supporting system kamu buat jadi wadah curhat kamu? kok masih kepengen publish curhatan kamu di Blog? biar apa sih? biar semua dunia tau apa isi kepala sama perasaan kamu?

Oh Big No!!
saya nulis karena punya yang namanya trauma, awalnya begitu. 

hey, siapa di dunia ini yang gak punya trauma? emang cuman kamu aja? gak kan ya? terus emang kudu ya curhat terus buka-buka "aib" di blog biar semua orang pada tau betapa menderitanya kamu sama si trauma?
Pertanyaan - pertanyaan yang agak menggelitik tapi begitulah adanya kemungkinan opini yang ada dalam pikiran publik. 

Memang benar opini itu, bahkan saya  pernah nih tanya sama teman sesama menulis tentang, " sejauh mana sih kita boleh open tentang kehidupan pribadi kita di blog?", terus saya juga pernah tanya sama penulis paporit saya Om Iwok Abqory dengan pertanyaan yang sama, dan jawaban mereka berdua sama, " gak ada batasan, bebas bebas aja. selama mampu menanggung resiko setelahnya ", and guess what? ya , saya tanggung resikonya, yaitu FEEL INSECURE.

Jadi, saya posting di blog tentang pengalalaman trauma yang dikiaskan lewat cerpen. Tujuan awalnya sih biar mereka yang punya pengalaman kaya saya bisa tetap semangat menjalani hidup dan "sembuh" walau kata itu terlalu absurd buat yang ngalamin trauma. juga sebagai stress release dan self healing saya sama si trauma  itu. 

Lalu, opini dan komentar beragam. dan tiba - tiba saya  feel insecure gitu cuman gara-gara opini yang pendek namun maknanya dalam, yang intinya mengatakan, " bukan lo' aja yang menderita, gak perlu juga diumbar di sini. keep silent its the best. cukup cerita ke orang yang kamu percaya aja" dan saya down! saya ngerasa kaya salah langkah karna udah posting si kisah trauma itu. saya ngerasa kaya ditelanjangi bulat-bulat dan jadi negatife thingking kalo publik menilai saya ini makhluk super lebay.

Buat ngilangin si feel insecure ini, saya libatin diri dari WAG yang support aktivitas NgeBlog . Api semangat kembali berkobar. dan saya seneng dapet banyak dukungan buat terus berkarya, no matter what they said. saling follow akun ig dan blog, saling balas komen dan sharing ilmu. saya seneng banget, aslinya. saya kaya mimpi aja bisa kaya gini. sebelumnya cuman iri aja sama blogger yang banyak followernya terus banyak yang komen gitu sembari bilang dalam pikiran sendiri, " kapan ya aku kaya gini" dan akhirnya terwujudlah sekarang. alhamdulillah

But honestly, karena ini pertama kalinya saya terjun bebas di dunia blogging dan mulai tau dikit-dikit ilmu nya, saya jadi ngerasa kaya Excited and exhausted at the same time gitu dan langsung inget kejadian yang bikin  feel insecure

Hal ini bikin saya kembali nanya sama diri sendiri, sebenernya apa sih tujuan dan niatan  NgeBlog dari awal? naikin popularitas blog? naikin angka DA? banyak yang follow? banyak yang komen? blog bisa ngasilin duit?

Akhirnya, saya kembali curhat sama si sahabat,  dia bilang : 

" Tetep di jalur yang udah dari awal kamu ambil. tetap di niatan awal kenapa kamu bikin blog. kamu lakukan karena kamu suka dan kamu butuh kan? ambil puasa sosmed beberapa hari dan take a deep breathe! Inget selalu, dalam hidup di semuahal pasti ada yang suka dan gak, terima aja. yang baik ato yang terasa menyakitkan, dua-duanya baik buat kita. kalo udah ready, ayo pacu semangat lagi dan jangan kendor sama pikiran negatife! semangat! "

Terus, secara kebetulan saya ketemu sama blognya emak  carolina ratri, disana saya nemu banyak postingan soal blog, mulai dari bikin niche, adsense, tips ngeblog sampai niatan kita bikin blog itu apa ( sama kaya judul postingan ini, hehe). yang terakhir ini nih yang bikin saya tersadar sama banyak hal tentang niatan saya bikin blog itu apa.

Awalnya, oke lah curhat di blog. tapi lama kelamaan hasrat bertambah, jadi pengen nulis banyak hal. terus setelah tau dikit-dikit soal niche jadi pengen bikin niche sendiri, abis itu begitu tau soal adsense.... eh kepincut juga si gue pengen ngasilin cuan dari blog.

Bagai gayung bersambut, eh tiba-tiba ada tawaran content replacement gitu dari produk kosmetik. saya langsung semangat membara dong, bikin CV blog, rangkum google analytic, cek angka DA dan lain sebagainya. lalu terbesit keinginan buat beli domain, biar lebih serius ceritanya.

Tapi, dasar si saya, ternyata saya ngalamin kelelahan sampai puncaknya dan mabok dan muntah! Karena, semua energi selama satu minggu itu terkuras dengan marathon bikin tulisan buat setor tulisan di 1minggu1cerita, terus aktif di grup lain, benahin IG dan posting di berbagai komunitas menulis yang saya ikutin.

Secara mental saya down, karena DA kecil, adsense gak kunjung di approve dan si klien gak kunjung ngabarin via e-mail. semangat langsung merosot tajam. Lalu, saya memutuskan hiatus dulu menulis dan bersentuhan dengan sosmed.

Lalu, saya BW ke blognya kang ikhwan soal profesional blogger, tiba-tiba saya kaya tercerahkan gitu. ditambah baca kembali postingan dari emak carolina ratri soal tips personal blogger, akhirnya saya  gak lama-lama berhiatus.

Saya kembali me-refresh niatan awal ngeblog, yaitu menulis. itu saja. lalu bagaimana dengan keinginan terselubung menjadi profesional blogger? tentu ada dong. makanya saya hiatus beberapa hari buat bikin perencanaan. apa aja sih yang di rencanakan dan di atur ulang?

1. Tentukan Tujuan Bikin Blog
2. Tentukan Niche
3. Membenahi Blog

Kenapa hanya 3 point? karena tiga point itu adalah dasar. seperti menentukan tujuan bikin blog, kalo dasarnya udah kuat, misal mau nulis, ya udah fokus nulis aja. apa yang ditulis? nah ini berhubungan sama niche kita. makanya penting menentukan niche. lalu niche saya apa? motherhood and art. jadi saya tulis pengalaman sehari-hari saya menjadi ibu, perkembangan anak-anak, pengasuhan, dan tentang kehidupan pribadi saya soal healing inner child dan ghost parenting. lalu art-nya dimana? di setiap postingan itu loh, semua gambar pake karya saya! wehehehe. jadi sekalian "pamer" juga, wkwkwk. siapa tau ya, ada yang suka terus minta digambarin, iyaa kaannn???

jadi, saya sih udah gak pusing lagi soal adsense atau angka DA. bukannya gak ada effort lebih buat maximalin itu, tapi daripada ngejar itu terus saya malah jadi Down, mending gak fokus kesana. fokus aja ke benahin penulisan. kalo konten mulai keliatan nih benang merahnya, blog udah keliatan nih sebetulnya tentang apa fokusnya, saya yakin urusan rezeki pasti akan dateng sendiri entah gimana caranya.

Saya sih mikirnya, kalo adsense gak juga di approve dan DA gak naik-naik, yah gpp. siapa tau ada yang tertarik buat saya review produk alat gambarnya, atau produk yang berhubungan sama produk kebutuhan keluarga. atau ternyata gak ngasilin cuan sama sekali, ya udah.... gpp. kan niatan awalnya udah kuat, yaitu MENULIS. itu aja. yang penting, menulis dengan bahagia, bukan hanya karena cuan.

Saya gak mendikotomi rekan saya yang serius dan jadi profesional blogger ya, itu sah-sah aja dan pilihan mereka. saya malah salut, karena saya belum bisa seperti mereka. yang saya bicarakan disini adalah saya dan saran untuk teman-teman yang baru memulai bikin blog yang suka bingung mau mulai darimana dan harus kaya gimana, seperti sahabat saya , tetehku yang baik hati RENOVRAINBOW  , yang selalu kasih saya suport dan semangat juga nemenin saya begadang menulis hampir tiap hari. mungkin karena perbedaan waktu kali ya, saya begadang di indonesia, di Jerman mah mungkin jamnya masih isya-an kali ya, wkwkwkwk.

Tapi tetap sih, saya gak munafik dan menampik kalo saya juga pengen DA naik dan adsense di approve, tapi perjalanan menuju sana mungkin masih panjang dan masih banyak yang harus dipelajari. segini juga udah uyuhan dan alhamdulillah, buktinya, setelah saya hiatus beberapa hari dan berbenah blog, nilai DA blog naik 1 angka. cihuuuuyyy!!! abis ini target sih, pengen beli Domain biar  ter-pecut buat lebih serius menulis, doakan ya, hehehe.

Terimakasih sebesar-besarnya buat kritik membangun dan dukungan buat semua temen - temen di WAG komunitas menulis, 1minggu1cerita dan Indonesian Content Creator. kalau bukan karena kalian, aku gak mungkin jadi mikir sejauh ini. dan gak mungkin aku terus berkarya hampir tiap hari ampe bangun tidur yang diingat bukan cuman soal, "masak apa hari ini", tapi justru " nulis apa hari ini" ...... ahiiiw!!

Buat kalian yang juga lagi down kaya aku, semoga dapet insight dan ketularan semangat ya. jangan kalah sama perasaan sendiri. itu cuman perasaan kamu aja. hehehe.

oia, jangan lupa berkunjung ke blognya kang ikhwan ya. disana menurut saya lengkap menyoal acuan menjadi blogger itu kaya gimana, karena disajikan per point. jadi ga pusing, langsung tepat sasaran.

salam Blogging



Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

14 komentar

  1. niat aku ya buat curhat juga hahaa sayang aja kalau harus bersarang di kepala :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak, niat ngeblog emang buat curcol, hahahaha. sekarang mah harus pede sama gaya tulisan sendiri, tapi kali kali bolehlah posting yang bahasanya rada ilmiah dikit ya, hehehe. aku jug abelum nyoba sih, tiap nulis malahnya kaya biasa aku nulis di blog, oh susahnya, hehehe

      Hapus
  2. Saya juga suka menulis, mulai prosa, cerpen, puisi. Dulu saya bercita-cita menerbitkan buku, jaman dulu belum ada Wattpad dan sebangsanya jadi cuma di Ms Word dan sekarang udah ilang semua, sedih banget hihi. Blog saya ini juga udah ada tahun 2011an tapi postingan lawas sudah dihapus karena isinya 'aib' bagi saya kwkwk alias geli sendiri bacanya, kurang informatif dan kurang enak dibaca. Berkali-kali ganti blog sampai saya ngejar DA/PA dan beli domain dulu, hingga akhirnya saya lelah dan berpikir apa yang saya cari sebenarnya. Akhirnya saya kembali lagi ke blogspot gratisan ini semata saya ingin mencurahkan pikiran di kepala dan hati tentunya, sekaligus ingin lebih belajar banyak lagi tentang dunia kepenulisan seperti artikel, dll. Salam kenal mbak, saya menuju 30 th juga btw kkwkwk.. berasa dapat temen. Ett dah nulis komen panjang amat kyk numpang curhat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kirain saya doang yang terjebak NAFSU nge-BLOG, wkwkwk. tapi itu bagus sih buat kita jadi rajin nulis. that's why saya mempertanyakan kembali tujuan awal saya ngeblog apa, biar ga terlalu terasa ategang sama "keharusan" punya nilai DA/PA yang tinggi dan adsense dan bla bla bla. makanya saya bilang, ITU SEMUA ADALAH BONUS. karena inti ngeblog adalah CURHAT yuk MAK, hehehe

      ih kita samaa dong, aku juga hapus semua konten blog jaman dulu, malu, wkwkwkwk.

      salam kenal mba anggi, saya malah lebih tua dari mba lho umurnya, wehehehehe. btw boleh minta nomer kontak mba anggi? saya pengen join backlink nih sama mba. ada beberapa postingan mba yang pas banget sama postingan saya. nyambung banget. boleh DM via akun sosmed saya. ada di drop menu di halaman depan

      Hapus
  3. Awalnya sih cuma mau curhat dalam bentuk cerpen sama puisi, tapi makin kesini, kok jadi suka moody kalo mau nyerpen, otak seakan stuck, wkwk.. Jadinya niche campur aduk. Tapi hasrat nulis tetap bisa tersalurkan, walau kadang nggak jelas nulis tentang apa, hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting, nulis terus. sesuai mood aja, jangan dipaksain, tapi hebat lho mba udah pakai domain. aku mah masih subdomain, hehehe

      Hapus
  4. Semangat kak Eka!!! BTW selamat yaa uda mulai jadi professional blogger. Aku masih sebatas sekedar sharing hihi..Syukur-syukur bisa dapet tawaran kaya kak Eka. >.<

    btw itu ilustrasinya gambar pake apa kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat juga buat frisca!! Hwaiting¡ ini juga baru mau mulai, ngumpulin tekad dulu sama niat dan semangat, soalnya yg dipelajari kan banyak banget ya, hehe

      Aku gambar pake tangan langsung, pake drawing pen sama spidol snowman. Abis itu jepret foto dan edit dikit buat atur kontras dan cahaya. Klo discan lama lagi ntar postingnya, potocopian jauh, hehe

      Hapus
  5. Kalau udah emang niat mau diseriusin, langsung beli domain aja yuk :D Mumpung lagi semangat gini, jadi DA nya udah mulai dicicil dr sekarang. Daripada tunggu nanti, ketika ganti domain kudu ulang dr 1 lagi angka DA-nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya uni, masih nyari beli domain dimana, hehe. ada rekomendasi? ooohh kalo ganti doamin DA di blog yang lama jadi nol?

      Hapus
  6. woooww gambarnya kaya digital gituu kak!
    btw blognya baru ganti template nih...Jadi lebih pro gitu yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cita-cita tuh pengen punya wacom, belum kesampean, wehehehe

      ini mah template gretongan, hehehe. udah nyari nyari template yang pas, ini yang paling pas

      Hapus
  7. Pengennya berbagi tapi juga profesional😁
    Siap nggak ya...?wah.. Maunya jawab siap, tapi ya tetep aja belajar tetek bengeknya blog itu susah-susah gampang. Bagi saya banyakan susahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wehehehe, iya karna ada ilmu nya memang. ilmu nya ini nih yang bagi kita orang awam mah butuh jam tayang yang gak sebentar

      Hapus

Posting Komentar