pic credit pinterest Busyeettt, Baru baca 35 halaman pertama dari buku fenomenal nan viral , SEBUAH SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT...

JANGAN AMBIL PUSING!


pic credit pinterest

Busyeettt,
Baru baca 35 halaman pertama dari buku fenomenal nan viral , SEBUAH SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT karya Blogger handal yang akhirnya jadi penulis Mark Manson, aku udah jadi orang yang setengah bodo amat. 

oh mengapa tidak? baru baca segitu aja si abang Mark Manson mampu menjungkir balikan pondasi Law Of attraction yang selama ini udah jadi isme buatku. 

Pernyataan Si abang Mark menyoal Law Of attraction ( dalam hal ini kata-kata afirmasi positif ) dalam bukunya ini jelas lho, " ironisnya, pengarahan pemikiran pada hal-hal positif ini, tentang apa yang lebih baik, apa yang lebih unggul, hanya akan mengingatkan kita lagi dan lagi tentang kegagalan kita, kekurangan kita, apa yang seharusnya kita lakukan namun gagal kita wujudkan. bagaimanapun, jika seseorang sungguh bahagia, dia tidak akan merasa perlu untuk berdiri di depan cermin dan mengulang - ulang ucapan kalau dia bahagia, Dia bahagia ya bahagia begitu saja! "  ( Hal. 5 ) 

hemm, baiklah, di luar sana ( dunia maya ), banyaakk sekali perdebatan mengenai buku The secret ini, yang pro dan kontra sampai di bahas kaitannya ke ranah agama ( hadis mengenai prasangka kepada ALLAH swt ). well, semua kembali lagi ke laptop, eh salah ke pemahaman dan pendapat masing-masing sih kalo menurutku. Tapi buatku, untuk beberapa kasus, afirmasi diri dengan positive words terbukti ampuh. 

Misal, aku badmood nih pas bangun tidur, karna kesibukan pagi yang hectic sama urusan per-rumah-tanggaan jadi harus gerak cepat mengatasi si badmood  biar gak ngerusak semua kerjaan. karna kalo badmood dibiarkan berlarut, dijamin hoream ngapa-ngapain, bawaannya pasti marah-marah dan berujung bentak anak atau suami. waaah, bisa runyam hari-ku seharian itu. So, begitu bangun, cuci muka - wudhu - solat terus NGACA! iya, ngaca! sambil afirmasi diri sendiri, " bete kenapa? sih? ayo ah semangat! hari ini akan menyenangkan! kamu hebat! kamu keren! kamu ibu super! ayo senyum, semangat!!!  " dan berhasil.

Tapi, bukan berarti aku ga setuju sama isi 35 lembar halaman pertama buku nya Bang Mark manson. itu semua, aku setuju banget!! seperti, 

Halaman 4
" namun ketika anda berhenti sejenak dan sungguh menerenungkannya, nasihat hidup yang konvensional segala macam nasihat motivasi untuk menjadi pribadi yang positif atau menyenangkan yang selalu kita dengar, sebenarnya justru memberi penekanan pada kekurangan anda. nasihat ini langsung menyoroti apa yang anda anggap sebagai kekurangan dan kegagalan pribadi anda, kemudian menggarisbawahi hal tersebut untuk anda . anda mempelajari cara terbaik untuk mendapatkan uang karna anda sudah merasa tidak cukup uang. anda berdiri depan cermin dan terus mengatakan anda cantik karena anda merasa sudah tidak cantik. anda mengikuti tips berkencan dan menjalin hubungan karena anda merasa bahwa memang anda layak dicintai. anda melakukan latihan visuialisasi yang konyol karena anda memang merasa tidak cukup sukses"

halaman 6 - 9
" anda merasa cemas ketika harus menghadapi seseorang dalam kehidupan anda. kecemasan tersebut membuat anda tidak berdaya dan mulai bertanya-tanya mengapa anda bisa begitu cemas. sekarang anda mulai merasa cemas karena menjadi cemas. Oh tidak! kecemasan itu berlipat ganda! sekarang anda cemas tentang kecemasan anda yang menyebabkan anda lebih cemas!"

" atau katakanlah anda bermasalah dengan pengendalian amarah. anda gampang kesal terhadap hal paling bodoh tanpa tahu alasannya. dan fakta bahwa anda mudah sekali marah mulai membuat anda semakin sering marah. dan kemudian, ketika mulai reda, anda menyadari bahwa selalu marah-marah membuat anda menjadi seorang yang berfikiran dangkal dan kejam, dan anda benci hal itu. anda sangat membencinya, sehingga anda marah pada diri sendiri. sekarang lihat diri anda, anda marah pada diri anda yang marah-marah karena mudah marah. "

"itulah yang menjadi sumber kekacauan. kita merasa kecewa atas kekecewaan itu sendiri. kita merasa bersalah atas rasa bersalah itu sendiri. kita menjadi marah gara-gara amarah yang menyulut. kita jadi cemas karena perasaan cemas itu sendiri. apa yang salah dengan saya? inilah mengapa, bersikap bodo amat adalah kuncinya., inilah alasan mengapa itu akan menyelamatkan dunia. dan kuncinya adalah jika kita bisa menerima bahwa dunia ini benar-benar keparat dan itu tidak apa-apa, karena memang seperti itu dan akan seperti itu adanya. dengan tidak ambil pusing ketika anda merasa buruk, berarti anda memutus lingkaran setan. anda berkata pada diri anda sendiri "saya merasa sangat buruk, tapi terus kenapa?apa pedulimu? dan kemudian ibarat ditaburi debu ajaib peri, anda berhenti membenci diri anda sendiri saat merasa begitu kecewa "

nah, itu intinya, JANGAN AMBIL PUSING. hal ini untuk kasus-kasus urusan pikiran, perasaan, emosi dan badmood yang tidak jelas atau sudah jelas tapi kita teruuuusss mikirin hal itu sampai berhari-hari dan bikin rusak hari-hari kita. 

sebetulnya masih banyak point-point penting dari buku bang Mark manson yang sangat ingin aku kutip, tapi bisa kepanjangan nanti tulisanku, hehehehe. lagian, aku juga belum tamat baca bukunya, baru sampai halaman 35 yang kebetulan moment-nya pas pisan sama situasi yang lagi aku alamin. bak kedapetan uang ditengah jalan pas lagi butuh-butuhnya, begitulah buku si bang mark manson ini bagiku. 

lalu hubungannya apa sama kasusku? oke, udah baca tulisanku soal Ketika emak sama gak pede-nya sama sang anak belum? baca deh, and you'll know why aku ngerasa "kawin" sama bukunya mark manson.  kalo nanti buku bang Mark Manson udah beres aku baca, aku review ya. tunggu tulisan aku selanjutnya. semoga emak yang ngalamin kaya aku, di bully sama situasi dan perasaan sendiri, semoga terinspirasi. 





5 comments:

  1. Bikin penasaran e kak. jadi pingin baca tu buku, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari awal udah bikin penasaran emang, selamat berburu buku nya ya :)

      Delete
  2. dari dulu aku ga punya geng, dan hidupku fine fine aja tuh

    ReplyDelete
  3. Sekarang sih sdh sukses di tahap bodo amat. Krn aku tau yang aku mau, aku suka, dan aku gak suka. Perkara orang lain gak setuju, ya bodo amat 😎

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh, selamat ya! hehehe, aku juga sama baru sampai tahap itu. semoga bisa bertahan ya, makasih udah ninggalin jejak :) semangat!

      Delete