Cara Menghadapi Mom shaming

21 komentar

tips mengatasi mom shamming
tips mengatasi mom shamming


Cara Menghadapi Mom Shaming. mom shaming dan baby shaming merupakan dua nama lain dari bullying yang terjadi dalam dunia parenting. Bullying dalam dunia parenting? memang ada ya? tentu saja ada. 

Tetapi karena perlakuan ini sudah terjadi sejak jaman nenek - moyang kita, maka sindiran dan nyinyir pada para ibu dan kondisi bayi ini tidak terasa seperti bullying. Padahal sesungguhnya dampak yang terjadi akibat mom shaming ini cukup berat.

Pengalaman Mom Shaming


Pagi ini, tiba-tiba Kilan demam sementara keenan berdarah gusi nya. Hal ini memang kerap terjadi, dimana anak-anak sakit pada saat bersamaan. Jika ditelusuri, ada kemungkinan demam si bungsu karena tertular dari saya yang memang sudah sakit flu dan batuk sejak seminggu yang lalu. Sementara panas dalam Si Cikal bisa diakibatkan karena kurang minum air putih dan terlalu banyak mengkonsumsi minuman dingin dan snack.

Padahal sesekali saya memberikan tambahan vitamin untuk mempertahankan daya tahan tubuh mereka. Tetapi, rupa nya pemberian vitamin ini tidak dapat melawan takdir kalau mereka harus sakit.

Memberikan paracetamol syrup adalah langkah pengobatan pertama saya. Selain itu saya juga melarang anak-anak mengkonsumsi minuman dingin, snack dan mie instan. Soal minuman dingin dan snack sih tidak masalah ya. Tetapi lain cerita dengan mie instan.

Keenan sangat menyukai mie instan, saking sukanya dia hampir mengkonsumsi mie instan setiap hari. Tentu jenis mie instan yang saya berikan adalah mie instan seharga seribu rupiah dan terkenal dengan slogan tinggal seduh. Bukan soal hemat, tetapi tekstur mie nya tidak keras dan tidak menimbulkan efek sakit perut setelah mengkonsumsinya.

Jadi, seharian itu Keenan tantrum karena ingin makan mie instan. Tentu saja saya larang. Saya coba membujuk dengan jajan makanan lain dan saya ajak jalan-jalan. Tapi dia menolak dan tetap memaksa ingin mie instan. Awalnya saya masih bisa sabar dan menahan diri, tetapi karena Keenan sulit dirayu akhirnya saya berang juga. Saya kesal dan membentak Keenan. Hal yang paling membuat kesal adalah, Keenan rewel di depan teras rumah yang sudah pasti dilihat banyak orang yang lalu lalang. Sungguh membuat saya panik sekaligus malu.

Dalam keadaan kakak tantrum, tiba tiba seorang emak tetangga lewat dan bertanya,

"Kenapa anaknya Bu kok nangis ?" tanyanya,
"Dia pengen mie instan" jawab saya singkat sambil berharap si tetangga lantas pergi dan berlalu. Tapi ternyata si tetangga makin penasaran dan berkata,

"Kasih aja atuh daripada nangis " ucapnya. Sungguh saya makin kesal dibuatnya. Masalahnya, saya masih dalam keadaan jengkel dengan tantru, Keenan lalu tiba-tiba ada orang lain yang ikut campur.

Lantas dengan nada kesal saya berkata,
Gak bisa Bu, anak saya lagi panas dalam. Kalau saya kasih bisa makin parah sakitnya

" Oh, ya gpp kasih mie anaknya terus tinggal kasih cap kaki tiga aja atuh beres. Kasian kan anaknya nangis begitu, kalau saya sih gak tega bu. Udah kasih aja Bu daripada nangis terus!"

MASYAAAA ALLAAHH! KESEL ! akhirnya bom itu meledak! bom amarah.

Nah, kebayang kan situasi emak buibu? So imagined if it happen to you. Lagi rempong ngurusin dua anak yg lagi tantrum terus di recokin harus mengalah pada keinginan anak?? Yah bayangkanlah keselnya seperti apa. Hal ini malah membuat saya makin jengkel dan semakin membentak Keenan untuk berhenti rewel dan menuruti perintah saya. Manjur memang, seketika Keenan diam sambil menahan tangis. Tapi akibatnya, Keenan pasti merasa sakit dalam hati karena saya bentak!

Definisi Mom Shaming


Cerita saya di atas merupakan salah satu contoh mom shaming yang ringan dari tindakan mom shaming. Sebetulnya apa sih definisi mom shaming?

Mom Shaming adalah tindakan yang dilakukan seseorang atau sekelompok untuk membuat malu seorang ibu atas pola pengasuhan terhadap anaknya seolah-olah pola pengasuhan pelaku mom shaming adalah pola pengasuhan yang lebih baik jika dibandingkan korban.

Mungkin kasus saya hanya kasus kecil, dimana saya direcokin tetangga yang tiba-tiba muncul ntah darimana trus ngasih wejangan sementara yang saya butuhkan adalah bantuan kecil gimana caranya menenangkan si kecil biar ga mau mie lagi.

Masih ada kasus mom shaming lainnya yang lebih berat, seperti mengkritik cara memberikan ASI dan mengkritik cara mengasuh lainnya. Apa dampak mom shaming? dampaknya adalah psikologis para ibu terguncang dan mengalami mental breakdown.

Ibu yang mengalami mom shaming akan mengalami minder dan hilang kepercayaan diri. Ibu juga akan memiliki perasaan tidak layak menjadi seorang ibu karena secara terus menerus di kritik. Mom shaming dapat berakibat fatal jika terjadi pada ibu baru melahirkan. 

Jika ibu baru melahirkan terus menerus di cerca dengan kritikan dan saran yang tidak dibutuhkan seputar mengurus bayi, lambat laun hal ini dapat menyebabkan baby blues syndrome dimana ibu akan mengalami mental breakdown, hilang selera makan, sulit tidur dan merasa sedih berkepanjangan. Akibatnya, kesehatan fisik akan terganggu.

Cara Menghadapi Mom Shaming


Jika Bunda mengalami hal seperti saya dan mendapat sindiran, kritikan hingga nyinyiran terkait pola asuh kita, segeralah menghindar dan menjauh dari pelaku mom shaming. Kalau gak kita bisa depresi sendiri. 

Bagaimana yang melakukannya ternyata ibu kandung atau ibu mertua kita sendiri? bersabarlah bun. Faktanya memang mereka memiliki pengalaman yang lebih soal mengurus, mengasuh dan mendidik anak. Walaupun ada kemungkinan metode mereka tidak akan sesuai jika diterapkan pada zaman sekarang. 

Tetapi bukan berarti poin - poin penting terkait parenting hilang dan tidak bermanfaat sama sekali. Terkadang perkataan orang tua ada benarnya. Pilihlah saran yang memang sesuai dan jangan lakukan yang menurut kita tidak sesuai.

Bukan hanya menjauhi pelaku mom shaming, Bunda juga perlu detox social media. Kecuali Bunda siap dengan kritikan pedas para netizen.
Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.
Lebih baru Terlama

Related Posts

21 komentar

  1. Iyaa betul banget, dalam motherhood ada istilah pepatah mengatakan teman yg baik akan memberi saran saat temannya bertanya... jd stlh jd ibu, saya pun lebih banyak diam dan akan memberi masukan berupa pengalaman pribadi jika ditanya 😁

    BalasHapus
  2. Bener banget mba. Tanpa di sadari kadang terjadi yang kaya gini.

    Paling penting untuk sesama mom adalah support ya.

    BalasHapus
  3. Betul mba rina, support psikologis yg paling utama 😊

    BalasHapus
  4. Kesel ya Mom. Mind your own business gitu ya. Semangat terus ya Momm ��

    BalasHapus
  5. Kesel di awal aja sih, usah ga esmosi mah tenang lagi, hehe

    BalasHapus
  6. Tips anak supaya jadi ga suka mie, dulu saya pernah mencoba ini ke anak saya yg besar, tapi mmg aga jahat sih bun😭
    Mie kan suka ada bumbu pedesnya tuh kan, nah saya iseng semua bumbunya saya masukin semua, dan anak kepedesan,dari situ dia nangis2, memang belum ilang sih rasa maunya,tapi jadi hanya 1minggu sekali saja makan mie hehe

    "Maafkan bunda nak" (dalam hati)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak heny, wah sayangnya keenan suka makan mie pede, hahahaha. harus cari cara lain mungkin ya biar ga terlalu sering makan mie

      Hapus
  7. Bener nih, secara gak sadar kita pasti pernah nglakuin hal ini.. Kadang orang tua/mertua sendiri juga sering kayak gini.. Mungkin kalo aku agak di cuek in aja kalau bener" lagi gak mau denger.. Di "iya" in aja.. Hihiii,,

    BalasHapus
  8. Saya jadi tanya diri sendiri nih pernah gak ya sotoy ngasih masukan ke mommy mommy yg lain ☹️. Semoga kl pernah gk sampe bikin orang nya sakit hati. Saya tau bgt rasanya di bully ketika br jd ibu

    BalasHapus
  9. Wah saya baru tau kalau ada istilah mom shamming.. Karena yang saya tau selama ini cuma body shamming aja sih. Tapi kalau liat lingkungan sekitar sih bener banget, banyak kasus kayak gitu. hehe. kalo masalah kecanduan mie instan saya juga pecinta mie instan tapi untuk mengurangi hal itu saya biasanya menerapkan challenge ke diri saya sendiri dan kalo saya berhasil ga makan mie isntan dalam satu minggu misalnya saya bakal self reward... Cmiiw~~

    BalasHapus
  10. Ini memang akan terus terjadi, selama tidak ada pemahaman dan pengertian, bahwa setiap pola asuh setiap orang tua berbeda-beda, dan tiap anak juga berbeda-beda. Bahkan anak kembar pun berbeda. Tapi begitulah, Mbak. Ada orang yang suka sekali mengurusi orang lain. Orang lain, sengaja dipaksa untuk mengikuti sesuai dirinya.
    Solusinya memang dari kita. Karena kita tidak bisa menutup mulut para tetangga. Tapi jelas, karma akan berjalan. Dia gituin orang, kelas dia akan digituin orang lain juga.

    BalasHapus
  11. Baru tahu kalau ada namanya mom shaming. Ternyata perlakuan seperti contoh diatas termasuk salah satunya ya. Dan bahayanya lagi terkadang banyak orang melakukan hal seperti itu.

    BalasHapus
  12. ternyata ada juga yaa fenomena mom shaming, eh atau emang udah menjamur dari dulu cuma baru muncul nih diksi mom shaming. Emang susah2 gampang yaa nanggapin omongan orang, apalagi klo datang dari orang2 terdekat macam orang tua atau mertua, bisa bikin makin gondok, hvft. Semoga di masa depan aku kuat ngadepin yg gini gini an heu heu

    BalasHapus
  13. Sedih sekali ketika ada mom shamming.
    Aku belajar banyak dari kejadian yang aku alami dulu dan semoga gak kejadian di pengasuhan orang lain. Sebisa mungkin aku menahan diri kalau gak bisa kasih solusi yang baik, lebih baik diam.

    Karena paling engga enak memberi saran yang ternyata gak sesuai dengan pengasuhan masa kini apalagi sampai mempermalukan.

    Aku dulu pernah banget dan inget sampai sekarang pas hamil yang kedua dengan jarak dekat. Semua tetangga menganggap itu bahan candaan kaya yang "Rajin banget bikin anak", dll.

    Ada satu tetanggaku, Ibu-ibu sudah sepuh gitu...bilangnya "Gak apa-apa, mbak.. Capenya sekalian. Nanti anak-anak kalo uda gede, Ibunya tinggal enaknya. Mereka gak repot main sama anak lain, mainnya sama sodaranya sendiri."

    Alhamdulillah,
    saat pandemi datang, beneran aja...anakku gak butuh main keluar. Mereka anteng main bareng sodaranya sendiri. Hikmat memiliki anak jarak dekat.

    BalasHapus
  14. Wah iya, momshaming emang nggak ada habisnya ya mbak
    KLO AQ sih mencoba woles dan g mau ikutan momshaming ini

    BalasHapus
  15. Aku merasa banget mbak kalo di mom shaming. Sakit banget rasanya. Mana kita udah capek ngadapin anak, eh ngadapin komentaran orang pulang. Pengen jawab takut makin panjang ceritanya. Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngadepim Komentar orang pulak maksudnya tadi. Eh typo

      Hapus
  16. aku gak sueneng ama mom shaming.. soalnya traumanya itu bisa membekas, apalagi kalau ada orang dekat yang melakukan. meskipun kadang2 engga sadar, atau engga sengaja, atau alasan2 lain lah.. tetep aja gak bisa dibenarkan.

    BalasHapus
  17. Semoga tak ada lagi mom shamming seperti ini di masa depan, karena memang dampaknya mengerikan yaa

    BalasHapus
  18. kebayang sedihnya, karena sering ngalamin juga, apalagi pas pertama jadi ibu baru :( dan itu yang ngomentarin asisten rumah tangganya tetangga :( akhirnya bikin aku menarik diri dari pergaulan di komplek rumah, aku jadi jarang bawa anakku keluar rumah :( even keluar pun mending sekalin ke tempat mana gitu yang jauh :(

    BalasHapus

Posting Komentar