Pagi ini,  tiba-tiba si bungsu demam dan keenan berdarah gusi nya. Aahhh alamat sakit dua-dua nya ini mah. Kaya nya demam ketu...

Mom-shaming? masih jaman gitu?




Pagi ini,  tiba-tiba si bungsu demam dan keenan berdarah gusi nya. Aahhh alamat sakit dua-dua nya ini mah. Kaya nya demam ketularan emak dan temen maennya yg lagi pilek, dan kakak panas dalam.

Rupa rupa nya, dikasih imbooster tiap hari ga bisa melawan takdir kalo mereka harus sakit . Jadilah dikasih paracetamol dan stop makan cikiciki dan mie. dia agak rewel dan ini bikin emak kelelahan dan kurang tidur. Sementara si cikal ngamuk ngamuk pengen makan mie. Dan emak konsisten dong gak akan ngasih dia mie. Bisa parah akibatnya walo cuman makan secuil.

Dalam keadaan kakak tantrum nangis ngamuk pengen mie dan dia rewel pusing kepala karna demam, tiba tiba ada tetangga lewat, dan sok perhatian gitu tanya, 

"kenapa anaknya bu kok nangis ?"

ya emak jawab "Pengen mie" 

Terus dia ngomong lagi, "Kasih aja atuh daripada nangis ", 

terus emak jawab sambil rada kesel,

" lagi panas dalam" , eh si tetangga sotoy itu jawab,

" oh, ya gpp kasih mie anaknya terus tinggal kasih cap kaki tiga aja atuh beres"

" MASYAAAA ALLAAHH!!!! KESEL EMAK DENGERNYA!!! Dasar Onyon!!!

Nah, kebayang kan situasi emak buibu? So imagined if it happen to you. Lagi rempong ngurusin dua anak yg lagi tantrum terus di recokin kudu ngalah sama anak?? Yaahh bayangkanlah keselnya kaya gimana??...

Kasus seperti yang saya alami ini termasuk MOMSHAMING. Momshaming adalah tindakan yang dilakukan seseorang atau sekelompok untuk membuat malu seorang ibu atas pola pengasuhan terhadap anaknya seolah-olah pola pengasuhan pelaku momshaming adalah pola pengasuhan yang lebih baik jika dibandingkan korban.

Mungkin kasus saya hanya kasus kecil, dimana saya direcokin tetangga yang tiba-tiba muncul ntah darimana trus ngasih wejangan sementara yang saya butuhkan adalah bantuan kecil gimana caranya menenangkan si kecil biar ga mau mie lagi. terkadang yang para emak baru butuhkan bukan nasihat atau wejangan, tapi dukungan berupa pelukan hangat, makanan yang enak, senyum yang tulus dan pertanyaan yang bikin beban di hati berkurang seperti, " gimana perasaan kamu? are you okay?" hanya itu.

Banyak kisah momshaming lainnya, mulai dari direcokin ibu dan ibu mertua soal nyusuin anak, cara ngasuh anak, ngelarang ini dan itu, ngelarang ngasih susu formlua, maksudnya memang baik, tapi terkadang ujung-ujungnya malah jadi bikin emak baru lahiran merasa terpojok. Biarlah para ibu belajar dengan sendirinya untuk menjadi ibu melalui proses. kalaupun bingung harus ngapain, para ibu pasti minta bantuan dengan bertanya atau googling

Lantas bagaimana dengan diri sendiri? kalau udah ngumpul sama sesama emak rempong apakah kita juga pernah jadi momshamer? pasti pernah lah ya secara gak sengaja. misal nanya sama temen kita yang baru aja jadi ibu dengan rentetan pertanyaan, " anaknya lahir normal atau cesar? udah bisa nyusu? udah bisa jalan? nanti kalo udah waktunya mpasi kasih ini ya... kasih itu ya dan bla bla bla.... "

Bener gak? hihihi, saya pernah soalnya kaya gitu. maksudnya sih ngasih saran dan support biar si emak baru jadi semangat . Terkadang kita suka ga sadar ngasih saran sama sesama emak soal parenting atau motherhood tanpa di minta hanya karena kita ngerasa udah pengalaman dan expert banget soal beginian. 

Tanpa kita sadari itu annoying buat emak yg lain. akhirnya, saya kena karma sendiri di gituin sama si tetangga, wkwkwk

6 comments:

  1. Iyaa betul banget, dalam motherhood ada istilah pepatah mengatakan teman yg baik akan memberi saran saat temannya bertanya... jd stlh jd ibu, saya pun lebih banyak diam dan akan memberi masukan berupa pengalaman pribadi jika ditanya 😁

    ReplyDelete
  2. Bener banget mba. Tanpa di sadari kadang terjadi yang kaya gini.

    Paling penting untuk sesama mom adalah support ya.

    ReplyDelete
  3. Betul mba rina, support psikologis yg paling utama 😊

    ReplyDelete
  4. Kesel ya Mom. Mind your own business gitu ya. Semangat terus ya Momm ��

    ReplyDelete
  5. Kesel di awal aja sih, usah ga esmosi mah tenang lagi, hehe

    ReplyDelete